Waduk Gondang



Wisata Waduk Gondang berada di Desa Gondang Lor Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1987. Waduk seluas 6,60 Ha. dengan kedalaman 29 m. ini berfungsi untuk menampung air hujan juga digunakan olah masyarakat sekitar untuk keperluan sehari-hari dan sebagai pengairan oleh para petani. Selain petani di Kecamatan Sugio, pengairan juga mencapai Kecamatan Sukodadi dan Kecamatan Kedungpring.

Dengan keindahan alam yang membentang sepanjang mata memandang terdapat hamparan waduk yang jernih dan biru menjadi daya tarik sendiri kepada pengunjung yang datang. Terdapat berbagai sarana menarik yang dapat dinikmati pengunjung untuk menikmati keindahaan alam tersebut antara lain: perahu dan sepeda air untuk mengelilingi waduk yang cukup luas itu. Tumbuhan hijau-hijau menjulang tinggi dan rindang mengelilingi waduk ini sehingga udaranya sejuk sehingga penggunjung betah berada di wisata ini.





 Adapula sarana bermain untuk anak-anak, kebun binatang mini yang di dalamnya terdapat satwa-satwa seperti burung, monyet, kera, buaya, ular, rusa dan lainnya. Sehingga anak-anak juga bisa bermain sambil belajar mengenal satwa-satwa yang berada di sana. Saat Anda memasuki kawasan Wisata Waduk Gondang maka Anda akan dapat melihat lapangan yang cukup luas yang berfungsi sebagai bumi perkemahan.

Mitos yang pernah ada di kawasan waduk tersebut hampir dipercaya oleh masyarakat sekitar yaitu pengunjung waduk gondang di larang memakai pakaian berwarna merah. Menurut cerita dahulu setiap pengunjung yang memakai pakaian merah tiba-tiba menghilang di waduk tersebut karena konon penunggu waduk yang berupa naga besar menyukai warna merah. Wallahualam. Semua kembali ke niat kita, asal niat kita baik dan tidak bermaksud mengganggu insya Allah, Allah SWT. akan selalu melindungi kita dimanapun kita berada. Amien.



0 Responses

Posting Komentar

abcs